Solusi Masalah Hardisk GPT dan MBR

Baru beberapa hari yang lalu, kami baru saja hendak melakukan instalasi laptop salah seorang teman. Namun hal yang tidak seperti biasanya terjadi, dan berikut kronologisnya. 

Berawal dari laptop yang sudah cukup lambat untuk di gunakan karena ada beberapa macam file system yang corrupt, laptop tersebut menggunakan OS Windows 8 versi 64 byte. Seperti biasa kami hendak melakukan instalasi dengan menggunakan OS yang lebih rendah yaitu OS Windows 7 64 byte ( downgrade ceritanya ). Kenapa melakukan downgrade,,,? yupss..ada beberap alasan mengapa kami memutuskan melakukan downgrade, salah satunya karena sang empunya laptop menggunakan aplikasi khusus yang dirasa belum kompatible dengan OS Windows 8.

Masalah-GPT-dan-MBR

Setelah melakukan proses instalasi seperti biasanya, tiba saatnya pada bagian format partisi yang akan digunakan untuk melakukan instalasi system yaitu pada partisi hardisk C. Namun taraaaa...sesuatu tanda yang tidak baik muncul, yaitu sebuah peringatan bahwa tidak bisa melakukan instalasi pada partisi hardisk tersebut (we couldn't create a new partition or locate an existing one. for more information see the setup). 

Parahnya lagi, peringatan tersebut muncul di semua partisi yang ada, dan setelah melakukan browsing sana sini, banyak yang menyarankan untuk melakukan format ulang pada semua partisi hardisk, dan itu adalah hal yang tidak mungkin kami lakukan, mengingat begitu banyak data penting yang belum kami lakukan back up data.

Dan setelah cukup lama berfikir, akhirnya hal tersebut terjadi karena perbedaan jenis partisi hardisk yaitu GPT dan MBR. Namun disini, kami tidak akan membahasa panjang lebar mengenai apa itu GPT dan MBR yah... :) , kalau ingin lebih paham bisa browsing saja kok.

Masalah yang kami alami ini ternyata karena perbedaan itu, yang kami gunakan ternyata jenis partisinya berbunyi GPT sehingga kami harus menggunakan os instalasinya yang berjenis FAT32, begitu juga sebaliknya bila partisi hardisknya berbunyi MBR maka os instalasinya menggunakan yang berjenis NTFS.

Dan untuk mengganti jenis partisi tersebut juga banyak cara yang bisa digunakan, kalau ingin tahu lebih banyak bisa browsing juga kok, namun disini kami menggunakan salah satu tool yang cukup ampuh yaitu Minitool Partition Wizard.

Tool tersebut sangat mudah digunakan untuk, dengan tampilan yang sangat simpel, namun mempunyai performa andalan salah satunya yaitu tidak akan menghilangkan data yang ada pada partisi lain ( misal D, dan E).

Untuk cara penggunaan tool tersebut secara lengkap juga anda bisa browsing, karena banyak sekali website yang menjelaskan mengenai tool tersebut. Akhirnya masalah tidak bisa melakukan instalasi karena Hardisk yang berjenis GPT dan MBR pun bisa teratasi dengan mudah. 

Sekian ceritanya, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Previous
Next Post »