Cara Mengatasi Hardisk Yang Selalu Macet Saat di Instal Ulang

Pernahkah anda mengalami kesulitan saat ingin menginstal ulang komputer anda...? bila saya jawabannya "Iya". Karena beberapa hari lalu, seperti biasa saya akan melakukan instal ulang pada salah satu komputer di tempat kerja, tetapi setelah melewati serangkaian step instalasi pada umumnya, tiba-tiba saat mengalami kendala..yaitu Instalasi Macet ditengah jalan dengan berbagai macam keterangan, yang salah satunya berisi peringatan bahwa ada file yang rusak alias corrupt.

Sementara saya masih biasa saja, dan mencoba melakukan ulang instalasi dari awal dengan menggunakan CD yang sama. Tidak berselang lama, peringatan tersebut kembali muncul dan akhirnya saya memutuskan untuk mengganti CD instalasi berserta windows juga saya ganti, berharap akan lancar jaya.

Namun, tak lama setelah mulai dari awal melakukan instalasi ternyata macet juga. Emm...sejenak saya berfikir, apa yang terjadi, padahal pada partisi yang akan digunakan (system : C) sudah saya format, dan yang saya delete ulang tetapi tetap tidak jadi.
mengatasi-hardisk-error

Akhirnya, setelah menunggu sampai 3x instalasi saya memutuskan untuk memformat semua partisi hardisk tersebut menjadi satu partisi. Setelah itu saya bagi lagi menjadi dua dengan berbandingan jumlah yang berbeda ( awalnya C; 40 Gb, saya ganti menjadi C: 30 Gb). Dengan kata lain setelah partisi saya ulangi, otomatis semua data hilang, dan hardisk kembali menjadi seperti awal, alias kosong blong. 

Semua langkah sudah dilakukan, dan akhirnya instalasi dimulai lagi dan hasilnya...taraaaa..instalasi lancar jaya sampai akhir. Alhamdulillah yah..sesuatu :).

Pada intinya, ketika kita gagal dalam melakukan instalasi, bisa jadi partisinya ada yang bermasalah, sehingga perlu di lakukan partisi ulang. Nah begitulah pengalaman saya kemarin, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran khususnya untuk diri saya sendiri.
Previous
Next Post »