Tips Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word

Selamat pagi sahabat IT..kali ini kami akan membagi tips untuk membuat daftar isi. Biasanya para pelajar atau mahasiswa yang sedang membuat skripsi atau modul kuliah sering merasa lupa ketika ingin membuat daftar isi dengan rapi. Kok rapi..gimana maksudnya J iyah...itu adalah kejadian beberapa saat lalu ketika seseorang sedikit bingung, ketika mengetik daftar isi di bagian pengisian halaman..dengan titik titik kok tidak rapi yah... J iyah jelas tidak rapi karena dia menggunakan titik titik secara manual J

Dengan kejadian tersebut akhirnya kami berfikir untuk membuat postingan ini, hanya untuk sekedar mengingat bila suatu saat mengalami hal serupa, yaitu lupa karena pelajaran tersebut sebenarnya sudah pernah diajarkan J baik di SMP maupun SMA sepertinya pernah diajarkan (sedikit amnesia).

Dan berikut cara membuat daftar isi agar lebih rapi J check it out..

1.   Langkah pertama kita harus membuat Ms. Word terlebih dahulu, dan setelah muncul lembar kerja, ada beberapa ms.word yang belum mengeluarkan rulernya, dan untuk mengaktifkannya silahkan buka ribbon View, lalu centang tulisan ruler seperti gambar berikut.
itsaja-daftar-isi
http://itsaja.blogspot.com
2.      Setelah rulernya sudah siap, kita langsung mengetik Daftar isi diparagraf pertama dan dibuat rata tengah, selanjutnya paragraf kedua ketik kata pengantar. Sementara berhenti dulu, lalu dibagian ruler bagian atas klik 2 kali sehingga muncul simbol “L” dan keluar jendela pilihan seperti berikut.
itsaja-daftar-isi-ms.word
http://itsaja.blogspot.com
3.    Pada bagian jendela kan muncul beberapa opsi, namun yang perlu di perhatikan hanya pada bagian Aligdment biasnya kita pilih left atau right saja, lalu bagian Leader kita pilih nomor 2 dengan opsi gambar titik-titik, dan terakhir klik OK.
4.    Pada bagian pengaturan ruler sudah selesai, kini tinggal melanjutkan menulis, klik kursor pada belakang tulisan kata pengantar, lalu spaci dan klik TAB pada keyboard, secara otomatis titik-titik akan keluar dan lurus dibawah simbol “L” yang barusaan kita buat, lalu kita tinggal menuliskan nomor halaman saja.
5.   Langkah terakhir yaitu tinggal melanjutkan paragraf berikutnya dengan cara yang sama, mengenai penulisan nomor otomatis sepertinya sudah sangat bisa yaitu dengan numbering saja. J
 
itsaja-daftar-isi-otomatis
http://itsaja.blogspot.com

Selamat mencoba, semoga bermanfaat J
Previous
Next Post »