Cara Mendeteksi Kerusakan Stick Ps di Komputer

Beberapa saat lalu, kami mengalami sedikit masalah dengan salah satu stik ps yang digunakan dikomputer. Awalnya semua berjalan lancar, tanpa masalah, namun baru beberapa saat memainkan salah satu game dengan menggunakan 2 stik sekaligus, tiba-tiba salah satu game macet dan mengalami putaran game yang terus berbalik ke bagian awal. 

Pertama kami tidak begitu risau, kami pikir ada yang salah dengan permainan game tersebut, dan kami mencoba digame yang lain, namun kejadian aneh tersebut terus saja terjadi di salah satu stik, sehingga kami menyimpulkan ada masalah dengan stiknya atau konverternya (karena kami menggunakan stik ps)

Sebelum memutuskan kerusakannya dibagian mana, kami terlebih dahulu mencoba stik yang mengalami error di Playstation langsung, namun anehnya tidak terjadi masalah dan lancar-lancar saja saat digunakan untuk memainkan game yang sama seperti yang kami mainkan di komputer, sehingga sedikit asumsi bahwa kerusakan terjadi di konverternya.

Sehari berikutnya kami mencoba mencari konverter lain untuk dicoba, dan ternyata tetap saja mengalami kejadian aneh, alias error sering bolak balik untuk main game sehingga tidak bisa berjalan normal, dan asumsi kerusakan pada konverternya pun seketika itu pula musnah. Aiishh..apa yang terjadi sebenarnya, stik atau konverter atau mungkin komputernya yah...gerutu dalam hati kami.

Setelah sedikit risau akhirnya kami memutuskan browsing, dan mencari berbagai macam solusi untuk mendeteksi kerusakan stik dikomputer, namun dari sekian banyak trik kami menemunkan salah satu trik dengan menggunakan software pendeteksi kerusakan pada stik dikomputer. Setelah kami download software tersebut dan mencobanya ternyata hasilnya sangat menakjubkan....Taraaaa kelihatan dengan detail ternyata memang stik tersebut mengalami malfungsi dibeberapa tombol, terbukti dengan adanya gerakan lain ditombol yang tidak kami pencet.

Software yang satu ini memang lebih sensitif daripada software yang lain, karena kalau tidak salah kami mendapatkan 3 macam software pendeteksi kerusakan stik, namun hanya software ini saja yang menunjukan gerakan sangat detail sehingga benar-benar kelihatan adanya gerakan abnormal yang terjadi di stik tersebut.

Namun setelah kerusakan ditemukan yaitu pada stik, kami sedikit galau juga karena stik tersebut bila digunakan di PlayStation ternyata normal saja, tidak ada masalah yang terjadi sehingga setelah kami bawa ke tukang service stik disana katanya normal dan tidak jadi diperbaiki, so..ternyata komputer lebih sensitif daripada PlayStation yah, kerusakan sedikit saja sudah menjadikan game tidak berjalan normal, tapi bila dimainkan di PlayStation tetap berjalan normal, yaahh sudahlah... :) Main dengan satu stik sajalah... :)

Bila sahabat IT ada yang membutuhkan software tersebut namanya Joystik.exe, berikut tampilan software nya. Anda bisa mencarinya di google saja yah, karena kami tidak menyediakan download software langsung :)

Cara penggunaan software ini sangatlah mudah, tinggal jalankan softwarenya dan pilih stik mana yang akan dideteksi, dan jalankan tombol-tombolnya, maka akan kelihatan gerakannya juga, sehingga bila kita menggerakan salah satu tombol, namun ada tombol lain juga yang ikut bergerak atau berkedip merah, maka disitulah terjadi kerusakan atau malfungsi pada stiknya.

Semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »